Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Khasiat Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat diIndonesia, biasanya rempah ini digunakan untuk penyedap atau bumbu masakan. Bahkan tidak sedikit dari kita yang menjadikan kunyit sebagai bahan herbal tradisional yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. kunyit

Kandungan Zat Pada Kunyit

Kunyit memiliki sejumlah kandungan diantaranya :
  • Zat warna kurkuminoid – Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri – Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  • Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth
  • Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Alzheimer
Tidak banyak yang mengetahui manfaat kunyit yang satu ini. Para ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki curcumin cukup kuat untuk memecah plak amyloid pada otak yang menjadi penyebab Alzheimer. “Jika sumbatan pada pembuluh darah berkurang, maka bagian tertentu pada otak dapat lebih mudah menerima asupan oksigen dan otak dapat berfungsi dengan lebih baik,” menurut Hourigan. Alzheimer’s Disease Research Center di Universitas California saat ini merencanakan untuk melakukan uji coba pada manusia.
2. Membantu Mencegah Kanker
Salah satu manfaat kunyit yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam memerangi kanker. Dalam bukunya, ‘The 150 Healthiest Foods On Earth (Fair Winds)’, ahli nutrisi Jonny Bowden mengatakan bahwa setidaknya terdapat 30 penelitian yang menunjukkan bahwa curcumin memiliki khasiat anti-tumor, “Baik dalam mengurangi jumlah atau ukuran tumor atau persentase dari binatang yang mengidap tumor.”
Sementara masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, ia mengacu pada sebuah penelitian pada tahun 2006 yang menunjukkan bahwa curcumin mencegah pertumbuhan kanker usus besar pada manusia. Sebuah penelitian terbaru di New Jersey menemukan bahwa kombinasi curcumin dengan sayuran seperti brokoli dan kol dapat membantu menyembuhkan dan mencegah kanker prostat.
Terdapat pula indikasi bahwa curcumin membantu mencegah kanker payudara, kulit, dan pancreas, leukemia pada anak, dan myeloma ganda. “Saat tidak ada seorang pun yang mengklaim bahwa kunyit menyembuhkan kanker, terdapat banyak alasan untuk mempercayai bahwa kunyit merupakan bahan yang bermanfaat bagi diet yang menyehatkan,” kata Bowden.
3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke
Manfaat kunyit lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Curcumin juga memiliki dampak positif terhadap kolesterol, menurut Bowden, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa curcumin membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penumpukan LDL (kolesterol ‘jahat’) pada pembuluh darah. Oleh sebab itu curcumin dapat membantu menghentikan penumpukan plak (atherosclerosis) yang bisa menutupi arteri dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.
4. Melawan Penyakit Inflamasi
Khasiat anti-inflamasi alami dari kunyit juga berfungsi sebagai pengobatan anti-inflamasi, dan tidak memiliki efek samping. Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit membantu penyembuhan inflamasi mata (uveitis), penyakit perut (ulcerative colitis) dan sclerosis ganda.
Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kunyit dalam mengatasi inflamasi. Penelitian menggunakan formula yang terdiri dari kunyit, menunjukkan bahwa kunyit mengurangi rasa sakit dan kelumpuhan sehubungan dengan osteoarthritis, namun hal ini belum pernah diteliti secara menyeluruh.
5. Melawan Demam dan Flu
Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus.
6. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat kunyit yang cukup dikenal adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah pencernaan. Curcumin menstimulasi kantung empedu dan menghasilkan empedu. Karena empedu membantu mencerna lemak; maka para ilmuwan percaya bahwa proses ini menyembuhkan gangguan penceraan dan membantu mengendalikan berat badan. Setidaknya satu penelitian menemukan bahwa kunyit menyembuhkan gangguan pencernaan, mengurangi gejala kembung dan gas.
7. Membantu Penderita Diabetes
Kunyit dapat membantu mengontrol aktivitas glukosa atau insulin; pada penelitian yang dilakukan pada binatang menunjukkan bahwa kunyit menurunkan tekanan gula darah. Jika anda menambahkan kunyit pada diet anda, Hourigan menganjurkan anda untuk memonitor gula darah anda. Ketika dikombinasikan dengan obat, kunyit dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan hypoglycaemia.

Sebenarnya masih banyak sekali Khasiat dari kunyit tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat kunyit untuk kesehatan, selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *